Kamis, 13 Desember 2012

RPP SMK jurusan Administrasi Perkantoran "Fungsi-Fungsi Manajemen"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             : SMK
Jurusan                        : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran            : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester          : X/1  
Standar Kompetensi    : 2. Pengetahuan Manajemen
Kompetensi Dasar       : 2.3. Fungsi-fungsi Manajemen

Indikator :
q   Siswa harus bisa mengerti dan memahami pengertian managemen dengan benar
q   Siswa harus bisa memahami dan dapat menjelaskan sendiri fungsi-fungsi   manajemen
q   Siswa harus bisa dapat memehami fungsi      manajemen penggerakan beserta contoh dengan benar
q   Siswa harus bisa memahami fungsi    manajemen pengawasan beserta contoh dengan benar
q   Siswa harus bisa menyimpulkan apa itu manajemen beserta fsi-fungsi manajemen dengan benar.

Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 x pertemuan)

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Mendeskripsikan arti manajemen
2. Mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen
3. Mendeskripsikan fungsi manajemen penggerakan
4. Menguraikan dengan benar fungsi manajemen pengawasan
5. Mendeskripsikan manajemen dan fungsi manajemen dengan contoh
6. Mengimplementasikan manajemen kedalam aktikitas kantor


B.     MATERI PENGAJARAN

1. pengertian manajemen menurut para ahli
2. pengertian manajemen secara umum
3. fungsi-fungsi manajemen secara umum
4. pengklasifikasian 4 fungsi manajemen secara rinci
5. pengertian fungsi manajemen penggerakan
6. aplikasi fungsi manajemen penggerakan dalam aktivitas kantor
7. pengertian fungsi manajemen pengawasan
8. aplikasi fungsi manajemen pengawasan dalam aktifitas kantor
9. kesimpulan manajemen dan fungsi-fungsi manajemen

C.    METODE PENGAJARAN

1. berbasis Masalah
2. Ceramah bervariasi
3. Tanya jawab
4. Diskusi
5. Permainan
6. Penugasan

D.    LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 1
Materi :   1. Pengertian manajemen
    2. merealisasi arti manajemen dalam administrasi perkantoran
a. Pendahuluan
    1. Menanyakan murid yang tidak masuk
    2. Apersepsi : Menanyakan tentang apa itu manajemen?
 3.  Motivasi : apa contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari yang dapat di    katakana manajemen?


b. Kegiatan Inti
    1. Mendeskripsikan tentang manajemen
    2. Menguraikan contoh manajemen
                3. Mendeskripsikan manajemen menururut para ahli
c. Penutupan
                1. Membuat kesimpulan dari penjelasan diatas
                2. memberi tugas PR

Pertemuan 2
Materi :   1. Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen secara umum
                2. fungsi manajemen penggerakan
a. Pendahuluan
                1. Menanyakan murid yang tidak masuk
                2. Menanyakan pelajaran sebelumnya yaitu tentang manajemen
    3. Apersepsi : Menanyakan tentang apa-apa saja fungsi manajemen
4. Motivasi   : Siswa diminta memberikan contoh tentang setiap fungsi manajemen Pengawasan.
               
b. Kegiatan Inti
                1. Mendeskripsikan tentang fungsi manajemen
                2. Menguraikan tentang fungsi manajemen penggerakan beserta contoh
 3. Mengajak siswa berfikir apa yang terjadi pada suatu perusahaan jika   fungsi manajemennya tidak  berjalan dengan baik.
4. Menguraikan aktifitas kantor mengenai fungsi manajemen penggerakan
c. Penutup
    1. Membuat kesimpulan dari penjelasan diatas
   2. Penugasan : mencari contoh kegiatan pada kantor yang membutuhkan fungsi manajemen penggerakan

Pertemuan 3
Materi :   1. Fungsi manjemen penggawasan
                2. arti penting fungsi manajemen pengawasan dalam aktivitas kantor

a. Pendahuluan
                1. Memeriksa kehadiran siswa
      2. Mengulas sedikit tentang pelajaran sebelumnya dengan mengadakan Tanya jawab.
3. Apersepsi : Menanyakan apa yang dimaksud dengan fungsi manajemen pengawasan
4. Motivasi : Siswa diminta untuk memberikan contoh dari fungsi manajemen penggawasan.

b. Kegiatan Inti
    1. Guru memandu siswa untuk membuat kelompok masing –masing 4 orang, kemudian dipersilakan mengatur tempat duduk, pembagian
tugas menulis dan yang mempresentasikan
              2. Guru menyiapkan bahan diskusi untuk siswa
              3. Masing – masing kelompok mendiskusikan tentang
q  Arti penting manajemen dan fungsi manajemen dalam aktivitas kantor dan apa   yang terjadi pada sebuah kantor, jika manajemen perusahaan tersebut kurang baik.
q  Merealisasi manajemen pada aktivitas kantor
  4. Masing – masing kelompok kemudian mempresentasikan hasil diskusi
5.  Kelompok lain mengamati presentasi, apabila ada yang kurang sesuai dengan pendapat kelompoknya dapat ditanyakan
   6. Melakukan penilaian
7. Dan sesekali guru mengajak siswa untuk bemain dengan permainan yang telah di siapkan oleh guru sesuai materi yang di bahas.

c. Penutup
               1. Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
               2. Melakukan post test

E.     SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

               1. Buku yang relevan (Administrasi Perkantoran)
               2. Powerpoint
               3. Permainan
               4. kertas HVS (untuk mendukung permainan)

F.     PENILAIAN HASIL BELAJAR

1. Teknik Penilaian
               1) Tes tertulis                      
               2) Penugasan                       
               3) Tes Lisan
   4) Penilaian dari game
2. Bentuk Instrumen
              1) Daftar Pertanyaan
              2) Tes uraian



Padang Panjang, 2012
Mengetahui,
Kepala sekolah                                                                                  Guru Mata Pelajaran                                                    

Syahrul S.Pd. M,Pd                                                                          Mela Nathiqoh (Insyaallah)
NIP.                                                                                                 NIP.                                         

1 komentar:

  1. ada RPP mata pelajaran KEARSIPAN gk..??
    kalau ada tlong dibagi ya..
    trims..

    BalasHapus