RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : SMK
Jurusan : Administrasi
Perkantoran
Mata Pelajaran : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester
: X/1
Standar Kompetensi : 2. Pengetahuan Manajemen
Kompetensi
Dasar : 2.3. Fungsi-fungsi
Manajemen
Indikator :
q Siswa harus bisa mengerti
dan memahami pengertian managemen dengan benar
q Siswa harus bisa memahami
dan dapat menjelaskan sendiri fungsi-fungsi
manajemen
q Siswa harus bisa dapat
memehami fungsi manajemen penggerakan beserta contoh dengan benar
q Siswa harus bisa memahami
fungsi manajemen pengawasan beserta
contoh dengan benar
q Siswa harus bisa
menyimpulkan apa itu manajemen beserta fsi-fungsi manajemen dengan benar.
Alokasi Waktu :
6 jam pelajaran (3 x pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai
melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan arti manajemen
2.
Mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen
3.
Mendeskripsikan fungsi manajemen penggerakan
4. Menguraikan dengan
benar fungsi manajemen pengawasan
5.
Mendeskripsikan manajemen dan fungsi manajemen dengan contoh
6. Mengimplementasikan
manajemen kedalam aktikitas kantor
B. MATERI PENGAJARAN
1. pengertian
manajemen menurut para ahli
2. pengertian
manajemen secara umum
3. fungsi-fungsi
manajemen secara umum
4.
pengklasifikasian 4 fungsi manajemen secara rinci
5. pengertian
fungsi manajemen penggerakan
6. aplikasi
fungsi manajemen penggerakan dalam aktivitas kantor
7. pengertian
fungsi manajemen pengawasan
8. aplikasi
fungsi manajemen pengawasan dalam aktifitas kantor
9. kesimpulan
manajemen dan fungsi-fungsi manajemen
C. METODE PENGAJARAN
1. berbasis
Masalah
2. Ceramah
bervariasi
3. Tanya jawab
4. Diskusi
5. Permainan
6. Penugasan
D. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Materi : 1. Pengertian manajemen
2. merealisasi arti manajemen dalam administrasi perkantoran
a.
Pendahuluan
1. Menanyakan murid yang tidak masuk
2. Apersepsi : Menanyakan tentang apa itu
manajemen?
3.
Motivasi : apa contoh-contoh dalam
kehidupan sehari-hari yang dapat di katakana
manajemen?
b. Kegiatan
Inti
1. Mendeskripsikan tentang manajemen
2. Menguraikan contoh manajemen
3. Mendeskripsikan manajemen
menururut para ahli
c. Penutupan
1. Membuat kesimpulan dari
penjelasan diatas
2. memberi tugas PR
Pertemuan 2
Materi : 1. Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen secara
umum
2. fungsi manajemen penggerakan
a. Pendahuluan
1. Menanyakan murid yang tidak
masuk
2. Menanyakan pelajaran sebelumnya yaitu tentang manajemen
3.
Apersepsi : Menanyakan tentang apa-apa saja fungsi manajemen
4. Motivasi : Siswa diminta memberikan contoh tentang
setiap fungsi manajemen Pengawasan.
b. Kegiatan Inti
1. Mendeskripsikan tentang fungsi
manajemen
2. Menguraikan tentang fungsi
manajemen penggerakan beserta contoh
3. Mengajak siswa berfikir apa yang terjadi
pada suatu perusahaan jika fungsi
manajemennya tidak berjalan dengan baik.
4. Menguraikan aktifitas kantor mengenai
fungsi manajemen penggerakan
c. Penutup
1. Membuat kesimpulan dari penjelasan
diatas
2. Penugasan : mencari contoh kegiatan pada kantor yang membutuhkan
fungsi manajemen penggerakan
Pertemuan 3
Materi : 1. Fungsi manjemen penggawasan
2. arti penting fungsi
manajemen pengawasan dalam aktivitas kantor
a. Pendahuluan
1. Memeriksa kehadiran siswa
2. Mengulas sedikit tentang pelajaran
sebelumnya dengan mengadakan Tanya jawab.
3. Apersepsi : Menanyakan apa yang dimaksud
dengan fungsi manajemen pengawasan
4. Motivasi : Siswa diminta untuk
memberikan contoh dari fungsi manajemen penggawasan.
b. Kegiatan Inti
1. Guru memandu siswa untuk membuat
kelompok masing –masing 4 orang, kemudian dipersilakan mengatur tempat duduk,
pembagian
tugas menulis
dan yang mempresentasikan
2. Guru menyiapkan bahan diskusi
untuk siswa
3. Masing – masing kelompok
mendiskusikan tentang
q Arti
penting manajemen dan fungsi manajemen dalam aktivitas kantor dan apa yang terjadi pada sebuah kantor, jika manajemen
perusahaan tersebut kurang baik.
q Merealisasi
manajemen pada aktivitas kantor
4. Masing – masing kelompok kemudian
mempresentasikan hasil diskusi
5. Kelompok lain mengamati presentasi, apabila
ada yang kurang sesuai dengan pendapat kelompoknya dapat ditanyakan
6. Melakukan penilaian
7. Dan sesekali guru mengajak siswa
untuk bemain dengan permainan yang telah di siapkan oleh guru sesuai materi
yang di bahas.
c. Penutup
1. Membuat kesimpulan
bersama-sama dari hasil diskusi
2. Melakukan post test
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Buku yang relevan (Administrasi
Perkantoran)
2. Powerpoint
3. Permainan
4. kertas HVS (untuk mendukung permainan)
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Teknik
Penilaian
1) Tes tertulis
2) Penugasan
3) Tes Lisan
4) Penilaian dari game
2. Bentuk
Instrumen
1) Daftar Pertanyaan
2) Tes uraian
Padang Panjang, 2012
Mengetahui,
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
Syahrul S.Pd.
M,Pd Mela Nathiqoh (Insyaallah)
NIP.
NIP.
ada RPP mata pelajaran KEARSIPAN gk..??
BalasHapuskalau ada tlong dibagi ya..
trims..